Pendidikan Biologi

Visi :

Menjadi Program studi Pendidikan Biologi yang unggul dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menghasilkan tenaga pendidik dalam bidang biologi berlandaskan falsafah Tri Hita Karana

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, di bidang biologi.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi, dalam bidang biologi.
  3. Menyelengarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud penerapan ilmu pengetahuan dan teknologidalam rangka meningkatkan kontribusi Program studi Pendidikan Biologi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dan kemitraan yang saling menguntungkan berdasarkan Piagam Kerjasama Undiksha dengan perguruan tinggi lain, instansi terkait, dunia usaha dan industri dalam bidang biologi.

Tujuan

  1. Tersedia dan terjangkaunya akses dan kesetaraan, serta keterjaminan memperoleh kesempatan layanan yang bermutu dan relevan bagi segenap mahasiswa Program studi Pendidikan Biologi.
  2. Terselenggarakannya penguatan tata kelola program studi dalam menjamin terselenggaranya layanan prima Program studi Pendidikan Biologi.
  3. Dihasilkannya sumber daya manusia yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan masyarakat, bangsa dan negara, serta mempunyai daya saing tinggi dalam bidang kependidikan dan non kependidikan.
  4. Dihasilkannya karya-karya penelitian yang berkualitas dan memiliki relevansi yang tinggi dalam bidang kependidikan dan non kependidkan, serta menyebarluaskannya kepada masyarakat.

Profil Lulusan

    1. Pendidik Biologi
      Memiliki kompetensi merencanakan pembelajaran biologi, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran dengan prinsip-prinsip pendidikan yang mendidik, serta melakukan perbaikan pembelajaran secara berkelanjutan sesuai dengan perkembangan keilmuan biologi, teori-teori belajar terkini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta lingkungan siswa dan sekolah.
    2. Peneliti Muda Pendidikan
      Memiliki kepekaan terhadap permasalahan pendidikan biologi di lingkup kelas, sekolah, dan daerah serta mampu memilih pemecahan masalah menggunakan prinsip dan prosedur penelitian yang rasional, baik secara mandiri maupun kelompok.
    3. Pengelola Pendidikan dan Laboratorium Biologi
      Memiliki kompetensi untuk mengembangkan diri secara berkelanjutan untuk mengelola program pendidikan dan laboratorium biologi dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
    4. Wirausaha dalam Bidang Biologi
      Memiliki kompetensi penguasaan teori dan aplikasi bidang biologi untuk mendukung perilaku berkarya dalam usaha produktif dan kreatif secara mandiri maupun berkelompok, guna menghasilkan produk-produk pendukung pembelajaran biologi dan produk-produk biologi aplikatif.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Pendidikan Biologi