D3 Analis Kimia

Vision:

Menjadi program studi vokasi yang unggul dan kompetitif untuk menghasilkan lulusan analis kimia yang berkompeten, berintegritas, berbudaya, beretika, bermoral dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Profil Lulusan

  1. Analis laboratorium kimia
    Ahli Madya Analis Kimia dalam melaksanakan prosedur laboratorium, metode pengujian dan pemakaian alat dengan benar, verifikasi alat ukur, penanganan alat dan bahan kimia, merencanakan, melaksanakan, memantau dan mengevaluasi kegiatan jaminan mutu laboratorium, operator intrumen-instrumen dalam analisis kimiawi baik di laboratorium maupun industri, dan implementasi prinsip keselamatan dan kesehatan kerja (K3).
  2. Pranata Laboratorium Pendidikan
    Ahli Madya Analis Kimia dalam perancangan kegiatan laboratorium, pengoperasian peralatan dan penggunaan bahan, pemeliharaan/perawatan peralatan dan bahan, pengevaluasian sistem kerja laboratorium, danpengembangan kegiatan laboratorium serta menerapkan fungsi-fungsi manajemen dalam mengelola laboratorium, dan melaksanakan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (K3).
  3. Analis Laboratorium Kesehatan
    Ahli Madya Analis Kimia dalam pengambilan specimen, penyiapan pasien, labeling, penanganan, pengawetan, fiksasi, pemrosesan, penyimpanan dan pengiriman specimen, melaksanakan uji kualitas media dan reagen untuk pengujian specimen, melaksanakan prosedur laboratorium, metode pengujian dan pemakaian alat dengan benar, mengoperasikan dan memelihara peralatan/instrumen laboratorium, mengoperasikan dan memelihara peralatan/instrumen laboratorium dan melaksanakan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (K3).
  4. Wirausaha dalam Bidang Alat dan Bahan Kimia
    Ahli Madya Analis Kimia dalam membangun kemitraan usaha, strategi dan etika bisnis serta pembuatan rencana bisnis atau studi kelayaan, mengidentifikasi dan menganalisis peluang pemasaran alat-alat dan bahan kimia terutama yang banyak digunakan di industri

Tujuan

    Bidang Pendidikan:
  1. Manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa.
  2. Menguasai konsep-konsep fundamental analis kimia dan kesehatan.
  3. Terampil dalam melakukan pekerjaan analisis kimia dan kesehatan sesuai standar kompetensi lulusan yang ditentukan dan persyaratan pekerjaan yang ditetapkan.
  4. Berorientasi pada kepentingan masyarakat dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika profesi.
  5. Mampu berkomunikasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak di masyarakat dalam rangka meningkatkan peran dan kiprahnya di bidang analis kimia dan kesehatan.
  6. Menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional dalammenyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi dan mengupayakan aplikasinya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  7. Memiliki wawasan dan kemampuan kewirausahaan.
Bidang Penelitiana:
  1. Menghasilkan karya tulis dan produk penelitian berupa aplikasi ataupun pengembangan teori pada bidang analisis kimia dan kesehatan.
  2. Mengembangkan dan menghasilkan berbagai karya inovatif produktif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi tantangan dan persaingan global.
  3. Menerapkan hasil dan produk penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan penerapannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Tujuan

    Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat:
    1. Mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang analisis kimia dan kesehatan.
    2. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian yang berorientasi pada peningkatan taraf hidup masyarakat
    3. Memahami dan menghargai nilai-nilai, prilaku, dan etika profesi analis kimia dan kesehatan
    4. Berkiprah aktif dalam menyelesaikan masalah pada tataran lokal dan nasional melalui kolaborasi dan kerja sama dengan institusi atau lembaga pada level lokal dan nasional.
    Bidang Kerjasama dan Kemitraan:
    1. Meningkatkan dan memperkokoh jalinan kerja sama dan kemitraan dengan pengguna lulusan
    2. Meningkatkan dan memperkokoh jalinan kerja sama dan kemitraan dengan laboratorium-laboratorium kimia dan klinis milik instansi pemerintah
    3. Meningkatkan dan memperkokoh jalinan kerja sama dan kemitraan dengan alumni
    4. Meningkatkan dan memperkokoh jalinan kerja sama dan kemitraan dengan jurusan/program studi analis kimia dari institusi/universitas lain.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Analis Kimia

Indonesia
  • Indonesia
  • English