Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Visi :

Terwujudnya Program Studi yang unggul dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan berlandaskan falsafah Tri Hita Karana.

Misi

  1. Menyelangarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkulitas tinggi di bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar;
  2. Menyelengarakan penelitian untuk pengembangan, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologidalam bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar;
  3. Menyelengarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud penerapan ilmu, teknologi dan/atau seni, dalam rangka mewujudkan kontribusi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat;
  4. Menyelengarakan kerjasama dan kemitraan yang saling menguntungkan berdasarkan nota kesepahaman Undiksha dengan perguruan tinggi lain, instansi terkait, dunia usaha dan industri dalam bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Tujuan

  1. Melaksanakan pembelajaran yang mendidik.
  2. Melaksanakan pembelajaran berbasis ICT.
  3. Melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal.
  4. Melaksanakan penelitian bidang ke SD-an.
  5. Menerapkan hasil-hasil penelitian dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa.
  6. Melaksanakan P2M yang memanfaatkan hasil-hasil penelitian.
  7. Melaksanakan pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan bidang ilmu.
  8. Melaksanakan pembelajaran yang memanfaatkan sumber-sumber yang berbahasa inggris.
  9. Melaksanakan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan menggunakan bahasa daerah.
  10. Meningkatkan jumlah publikasi pada jurnal terakreditasi.
  11. Menjalin kerjasama dengan instansi lain di bidang kependidikan (dinas pendidikan, sekolah dasar, dan universitas penyelengara kependidikan)

Profil Lulusan

  1. Pendidik Sekolah Dasar
    Pendidik yang profesional memiliki kemampuan pedagogik dan keilmuan bidang studi pendidikan guru sekolah dasar yang tinggi, serta mampu mengelola pembelajaran secara kreatif, inspiratif, inovatif, memotivasi, menantang dan menyenangkan.
  2. Peneliti Bidang Pendidikan dan Pembelajaran
    Peneliti Bidang Pendidikan dan Pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar yang mampu melakukan riset tingkat pemula dengan menggunakan logika berpikir ilmiah untuk memberikan alternatif penyelesaian
  3. Tenaga Ahli di Bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Menguasai konsep dasar teoretik bidang pendidikan guru sekolah dasar secara mendalam, mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural dalam bidang tersebut, dan mampu mengkomunikasikan secara lisan maupun tertulis, serta mampu membangun hubungan interpersonal yang produktif.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Pendidikan Guru Sekolah Dasar