Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Visi :

Menjadi Program Studi Unggul dalam Bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia Tahun 2045

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermartabat untuk menghasilkan lulusan cerdas dan kompetitif dalam bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang humanis, kolaboratif, inovatif dan kompetitif sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni dalam bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang humanis, kolaboratif, inovatif, dan kompetitif dalam bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana.

Tujuan

  1. Melaksanakan pembelajaran yang mendidik.
  2. Melaksanakan pembelajaran berbasis ICT.
  3. Melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal.
  4. Melaksanakan penelitian bidang ke SD-an.
  5. Menerapkan hasil-hasil penelitian dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa.
  6. Melaksanakan P2M yang memanfaatkan hasil-hasil penelitian.
  7. Melaksanakan pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan bidang ilmu.
  8. Melaksanakan pembelajaran yang memanfaatkan sumber-sumber yang berbahasa inggris.
  9. Melaksanakan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan menggunakan bahasa daerah.
  10. Meningkatkan jumlah publikasi pada jurnal terakreditasi.
  11. Menjalin kerjasama dengan instansi lain di bidang kependidikan (dinas pendidikan, sekolah dasar, dan universitas penyelengara kependidikan)

Profil Lulusan

  1. Pendidik Sekolah Dasar
    Pendidik yang profesional memiliki kemampuan pedagogik dan keilmuan bidang studi pendidikan guru sekolah dasar yang tinggi, serta mampu mengelola pembelajaran secara kreatif, inspiratif, inovatif, memotivasi, menantang dan menyenangkan.
  2. Peneliti Bidang Pendidikan dan Pembelajaran
    Peneliti Bidang Pendidikan dan Pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar yang mampu melakukan riset tingkat pemula dengan menggunakan logika berpikir ilmiah untuk memberikan alternatif penyelesaian
  3. Tenaga Ahli di Bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Menguasai konsep dasar teoretik bidang pendidikan guru sekolah dasar secara mendalam, mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural dalam bidang tersebut, dan mampu mengkomunikasikan secara lisan maupun tertulis, serta mampu membangun hubungan interpersonal yang produktif.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Pendidikan Guru Sekolah Dasar