Pendidikan Sosiologi

Visi :

Pada tahun 2020 menjadi program studi yang unggul dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologidalam bidang pendidikan sosiologi dengan berlandaskan falsafah Tri Hita Karana.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, di bidang pendidikan sosiologi serta perencana dan pekerja sosial.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan, ilmu sosial, dan humaniora.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud penerapan ilmu pengetahuan dan teknologidalam upaya meningkatkan kontribusi Jurusan/Prgram Studi Pendidikan Sosiologi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dan kemitraan yang saling menguntungkan berdasarkan nota kesepahaman Undiksha dengan perguruan tinggi lain, instansi terkait, dunia usaha dan industri dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, publikasi ilmiah, dan magang.

Tujuan

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, di bidang pendidikan sosiologi, peneliti bidang pendidikan, pembelajaran, dan ilmu sosial-humaniora, serta perencana dan pekerja sosial.
  2. Menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, di bidang penelitian pendidikan dan pembelajaran serta ilmu sosial dan humaniora.
  3. Meningkatkan kontribusi Jurusan/Prgram Studi Pendidikan Sosiologi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Memperkuat kompetensi profesional, pedagogik, dan sosial lulusan untuk pengembangan jurusan/prodi dan stakeholder.

Profil Lulusan

  1. Pendidik Sosiologi di SMA/MA, SMK negeri maupun swasta dan guru IPS di SMP
    Pendidik yang profesional memiliki kemampuan pedagogik dan keilmuan bidang studi pendidikan sosiologi, serta mampu mengelola pembelajaran secara kreatif, inspiratif, inovatif, memotivasi, menantang, dan menyenangkan.
  2. Peneliti Bidang Pendidikan dan pembelajaran serta ilmu sosial dan humaniora
    Peneliti pemula bidang Pendidikan dan pembelajaran sosiologi serta ilmu sosial dan humaniora yang mampu melakukan riset tingkat pemula dengan menggunakan logika berpikir ilmiah untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah.
  3. Perencana Sosial
    Menguasai konsep dasar teoretik bidang kebijakan sosial, manajemen strategis pembangunan sosial, manajemen pengembangan komunitas, dan pemodelan sosial.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Pendidikan Sosiologi

Indonesia