Pendidikan Geografi

Visi :

Menjadi program studi unggul dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan geografi dengan berlandaskan faksafah Tri Hita Karana.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi di bidang pendidikan geografi;
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan geografi;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka meningkakan kontribusi Program Studi Pendidikan Geografi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat;
  4. Menyelenggarakan tatapamong program studi yang akuntabel dan transparan untuk menjamin peningkatan kualitas secara berkelanjutan; dan
  5. Menyelenggarakan kerjasama dan kemitraan yang saling menguntung-kan berdasarkan NOTA KESEPAHAMAN Universitas Pendidikan Ganesha dengan perguruan tinggi lain dan instansi negeri maupun suasta terkait dalam bidang pendidikan geografi.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan bidang pendidikan geografi yang cerdas, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional;
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dalam bidang pendidikan geografi;
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu di bidang pendidikan geografi dalam mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera;
  4. Menghasilkan kinerja yang efektif dan efisien, sehingga menjamin pertumbuhan kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi program studi secara berkelanjutan; dan
  5. Menghasilkan hubungan yang efektif dan saling menguntungkan dalam rangka meningkatkan kualitas kelembagaan dan lulusan, serta implementasi bidang pendidikan geografi.

Profil Lulusan

  1. Pendidik (Guru) Geografi jenjang sekolah menengah.
    Guru yang menguasai konsep-konsep geografi dan mampu mengembangkan dan mengaplikasikannya secara profesional dalam pembelajaran, serta memiliki rasa tanggungjawab, berkepribadian dan bermoral Pancasila.
  2. Peneliti Pedukung Profesi sebagai Pendidik(Guru) Geografi
    Menguasai metode dan teknik penelitian bidang pendidikan geografi/geografi guna menunjang profesi sebagai guru geografi, serta memiliki rasa tanggungjawab, berkepribadian dan bermoral Pancasila.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Pendidikan Geografi

Indonesia