Pendidikan Ekonomi

Visi :

Terwujudnya Program Studi Pendidikan Ekonomi yang mampu mengembangkan Ilmu Pendidikan Ekonomi serta menghasilkan tenaga Pendidik Ekonomi yang berkualitas, berdaya saing tinggi dan berjiwa wirausaha.

Misi

    Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang pendidikan Ekonomi, penelitian dan pengabdian pada masyarakatuntuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, berdaya saing tinggi dan berjiwa wirausaha dalam bidang akademik, profesi, dan vokasi.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, beriman dan taqwa, profesional, dan memiliki integritas, nilai dan sikap, pengetahuan, kecerdasan, keterampilan dan kemampuan sebagai pendidik dalam pendidikan ekonomi, wirausahawan, dan konsultan pendidikan ekonomi.
  2. Menghasilkan kajian akademik di bidang ilmu pendidikan ekonomi yang berwawasan lingkungan berbasis potensi lokal.
  3. Menghasilkan pendidik, wirausahawan, konsultan,dan peneliti dalam bidang pendidikan ekonomi, untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
  4. Terciptanya jalinan kerjasama dan kemitraan yang baik dengan instansi pemerintah, dunia usaha atau lembaga lain untuk meningkatkan mutu lulusan.

Profil Lulusan

  1. Pendidik dalam Pendidikan Ekonomi
    Pendidik yang mampu: (1) menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan tentang metode, strategi pembelajaran yang diaplikasikan dalam pembelajaran ekonomi; (2) mengembangkan kurikulum ekonomi, merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi; (3) mengembangkan potensi peserta didik secara mendalam; (4) menerapkan prinsip-prinsip dasar mengajar pada tiap jenjang dan satuan pendidikan (SMP, SMA dan SMK) yang dilandasi dengan nilai-nilai humanitarian dan hak asasi manusia; (5) bekerjasama dalam tim untuk memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran; (6) melakukan pendampingan baik kepada orangtua maupun peserta didik yang mengalami masalah pembelajaran; dan (7) memiliki kepribadian luhur dan karakter yang kuat sebagai pendidik.
  2. Wirausaha dalam bidang Pendidikan/Latihan
    Wiraushawan yang mampu: (1) menguasai keilmuan dasar ekonomi; (2) memahami materi ilmu ekonomi secara luas dan mendalam; (3) mengembangkan hubungan antara konsep dasar dan keilmuan dengan mata pelajaran; (4) berkomunikasi secara efektif dalam bahasa lisan dan tulis; dan (5) berwirausaha (kreatif dan inovatif).
  3. Konsultan/Pengkaji Pendidikan Ekonomi Kons
    ultan yang mampu: (1) memberikan pertimbangan dalam hal pengembangan kurikulum; (2) memberikan pertimbangan dalam hal Proses Pembelajaran; (3) memberikan pertimbangan dalam hal merancang pembelajaran; dan (4) memberikan pertimbangan dalam hal pengelolaan pembelajaran.
  4. Peneliti Pendidikan Ekonomi
    Peneliti yang mampu: (1) menerapkan prinsip, hukum, dan teori dasar keilmuan dalam kehidupan sehari hari; (2) melakukan penelitian atau mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan penelitian atau karyanya.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Pendidikan Ekonomi

Indonesia