Akuntansi

Visi :

Menjadi pusat unggulan dan rujukan pengembangan tenaga profesional bidang akuntansi yang berkualitas, berdaya saing tinggi dan berjiwa wirausaha dengan berlandaskan falsafah Tri Hita Karana.

Misi

  1. Menyelenggarakan program vokasi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, di bidang akuntansi
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknoogi, dan /atau seni dalam bidang akuntansi
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka meningkatkan kontribusi Proram Studi Akuntansi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  4. Menyelenggarakan kerjasama dan kemitraan yang saling menguntungkan berdasarkan nota kesepahaman Undiksha dengan perguruan tinggi lain, instansi terkait, dunia usaha dan industri dalam bidang akuntansi.
  5. Mengembangkan budaya wirausaha mandiri melalui kegiatan pelatihan dan workshop kewriausahaan.

Tujuan

  1. Menghasilkan teknisi akuntansi madya atau tenaga ahli madya profesional di bidang akuntansi yang berkualifikasi: mempunyai pengetahuan dan ketrampilan untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan praktek di bidang akuntansi sebagai perancangan, pelaksanaan, pengawasan dan pengelolaan atas dasar konsep-konsep umum.
  2. Menghasilkan kajian akademik di bidang ilmu Akuntansi yang berwawasan lingkungan berbasis potensi lokal.
  3. Menghasilkan Teknisi/Akuntansi Madya, Manajer Madya bidang akuntansi, Perancang Sistem Akuntansi, dan Wirausahawan Mandiri untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
  4. Terciptanya jalinan kerjasama dan kemitraan yang baik dengan instansi pemerintah, dunia usaha atau lembaga lain untuk meningkatkan mutu lulusan.

Profil Lulusan

  1. Teknisi/Akuntansi Madya
    Teknisi yang mampu menguasai konsep teoritis bidang akuntansi dan memiliki kemampuan menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dalam bidang tersebut yang merupakan bidang terapannya dengan memilih metode yang sesuai dari beragam pilihan yang sudah maupun belum baku dengan menganalisis data terkait.
  2. Manajer Madya bidang akuntansi
    Manajer yang mampu menguasai konsep teoritis bidang akuntansi dan mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan dibidang akuntansi yang meliputi tanggungjawabnya baik sebagai anggota dan/atau pimpinan kelompok kerja.
  3. Perancang Sistem Akuntansi
    Perancang sistem yang mampu menguasai konsep sistem informasi akuntansi, sistem pengendalian intern pada berbagai entitas, dan mampu memanfaatkan perkembangan teknologi di dalam penyusunan laporan keuangan termasuk pemanfaatan software akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan berbagai entitas.
  4. Wirausahawan Mandiri
    Wiraushawan yang mampu menguasai konsep pemasaran, manajemen keuangan dan mampu menyusun perencanaan pendirian usaha dalam bentuk studi kelayakan bisnis yang meliputi : aspek hukum, aspek teknis, aspek pemasaran, aspek manajemen dan aspek keuangan.

Untuk informasi selengkapnya mengenai D3 Akuntansi

Indonesia