Pendidikan Bahasa Jepang

Visi :

Terwujudnya jurusan yang unggul dalam menghasilkan pendidik bahasa Jepang yang memiliki kemampuan akademik, profesional, dan berwawasan budaya.

Misi

  1. Menciptakan budaya akademik yang religius dan kondusif dengan memanfaatkan seluruh potensi dosen dan mahasiswa.
  2. Menyelengarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, dan berkepribadian yang baik.
  3. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan seni dalam bidang Jepang dan kejepangan serta pengajarannya.
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kebahasaan, kejepangan, dan pengajaraannya.
  5. Menyelenggarakan kerjasama untuk mendukung pengembangan program studi.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Jepang yang bertaqwa, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, memiliki kompetensi akademik, dan memegang teguh etika profesi.
  2. Menghasilkan penelitian dalam bidang bahasa Jepang, kejepangan dan pengajarannya.
  3. Melakukan diseminasi hasil-hasil pengajaran dan penelitian bahasa Jepang demi kepentingan pengembangan dunia pendidikan dan masyarakat luas.
  4. Menciptakan inovasi dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Jepang.
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki kepekaan sosial melalui latihan kegiatan kelas maupun luar kelas.
  6. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pendamping selain kompetensi utama dalam bidang pendidikan bahasa Jepang.
  7. Terciptanya kerjasama dengan berbagai pihak baik dari dalam maupun luar negeri dalam rangka mendukung terciptanya kualitas pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Profil Lulusan

  1. Pendidik Bahasa Jepang
    Pendidik, Fasilitator, dan Instruktur yang mendidik dengan penguasaan bahasa Jepang dan pedagogik yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi yang sesuai dengan tuntutan jaman.
  2. Peneliti Bahasa Jepang dan Pengajarannya
    Pengkaji yang melakukan penelitian tingkat pemula dalam pendidikan bahasa Jepang, bahasa Jepang, dan melakukan publikasi dalam berbagai forum ilmiah.
  3. Tenaga Ahli Bahasa Jepang Pariwisata
    Pelaku pariwisata baik sebagai guide, karyawan hotel dan restoran, atau pekerja dalam bidang usaha jasa lainnya, yang memiliki konsep dasar teoritik dalam penggunaan bahasa Jepang dan mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis menggunakan bahasa Jepang serta mampu membangun hubungan interpresonal yang baik.
  4. Tenaga Ahli Penerjemah Bahasa Jepang
    Penerjemah yang menguasai konsep teoritis bidang penerjemahan dan memiliki kemampuan untuk menerjemahkan teks dan wacana dalam tingkatan bahasa menengah baik dari bahasa Jepang ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Pendidikan Bahasa Jepang

Indonesia